Kemenag Sleman Selenggarakan Bimtek Penyusunan Soal HOT di MIN 2 Sleman

Sleman (MIN 2 Sleman) – Isu perkembangan pendidikan di tingkat dunia mengharuskan peserta didik untuk mampu berfikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional tuntutan kehidupan di masa depan. Oleh karena itu, standar penilaian perlu mengalami perubahan yaitu dengan mengadaptasi secara bertahap model-model penilaian yang mengedepankan kompetensi berfikir dan kreativitas.

Untuk itu, penilaian yang dikembangkan guru madrasah diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi, meningkatkan kreativitas, dan membangun kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan masalah.

Dalam rangka mengembangkan penilaian ini, Kementerian Agama Kabupaten Sleman mengadakan bimtek penyusunan soal HOTS di madrasah-madrasah yang menjadi naungannya mulai dari tingkat MI, MTs, sampai tingkat MA. MIN 2 Sleman menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan bimtek penyusunan soal HOTS ini pada tanggal 9-10 Februari 2021 dengan narasumber Ibu Jumiyem, S.Pd.SD. dengan materi mata pelajaran IPA.

“Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah dikarenakan pendidikan kita masih berada di peringkat bawah. Dengan melatih guru menyusun soal HOTS diharapkan kualitas pendidikan Indonesia semakin baik” papar Jumiyem.(jml)

Leave a Reply